Kamis, 29 Oktober 2009

Jenis Bahaya Pada Dunia Internet



Mengetahui tentang jenis-jenis bahaya pada dunia internet akan membantu anda untuk lebih waspada dan hati-hati. Berikut merupakan bahaya pada internet:

Virus
Virus dapat menyerang berbagai macam bentuk file, sehingga file anda rusak. Dan internet merupakan sarana penyebaran virus yang cukup handal.Solusinya adalah anda harus memiliki aplikasi antivirus yang selalu diperbarui dikomputer anda. Jadi waspadalah ketika anda sedang menggunakan internet.

Instant Mesagging
Insatan Mesagging (IM) merupakan salah satu incaran utama dari para penjahat dunia internet. Banyak aplikasi IM seperti Yahoo Messenger, MSN Live Messenger, AIM, ICQ dan lainnya yang dapat membuka celah untuk dimasukki oleh para hacker. Solusinya adalah anda harus sering meng-update aplikasi anda. Jadi waspadalah ketika anda sedang ber-chating ria.

Email
Email saat ini merupakan solusi berkirim surat yang murah, cepat, dan nyaman. Tapi permasalahannya email juga merupakan salah satu ancaman bahaya. Bahaya itu diciptakan oleh spam yang memenuhi inbox kita. Tapi sekarang spam-filter yang terdapat pada layanan email seperti gmail, yahoomail, hotmail dan yang lainnya sudah cukup mumpuni untuk menyaring spam yang masuk ke inbox anda. Jadi waspadalah ketika anda membuka email pada inbox anda.

Belanja Online Belanja Online merupakan cara berbelanja menggunakan fasilitas internet. Selain lebih cepat dan nyaman, belanja online dapat membantu kita menghemat waktu karena kita tidak perlu datang ke toko tersebut. Anda harus lebih berhati-hati dan waspada dengan situs toko tersebut. Karena sekarang banyak aksi phising atau situs toko palsu. Ketelitian anda dibutuhkan disini. Jadi berhati-hatilah ketika anda sedang shoping didunia internet.

Online Banking
Online Banking merupakan trend pelayanan perbankan kepada nasabah saat ini. Anda dapat melakukan kegiatan perbanakan melalui internet. Tapi online banking merupakan sasaran empuk dari para hacker, karena mereka dapat menguras habis isi rekening anda. Tapi bank di Indonesia sudah melakukan enkripsi berlapis pada situs milik mereka. Anda perlu waspada ketika ada notification atau email yang meminta nomor rekening anda. Jadi waspadalah ketika anda sedang melakukan transaksi perbankan.

Internet dapat membantu anda dalam menyelesaikan berbagai macam urursan anda. Tapi anda perlu sangat waspada dengan internet, karena internet seperti hutan rimba yang penuh dengan hewan-hewan buas yang selalu mengintai anda dan siap menyerang anda kapanpun. Bahkan anda pun tak akan sadar bahwa anda sudah menjadi korban.

0 komentar:

Posting Komentar