Jumat, 30 Oktober 2009

Kelalaian dan Bahaya Pada Saat Menggunakan Email


Email merupakan solusi berkirim surat yang jauh lebih cepat dan nyaman dibandingkan dengan berkirim surat sacara konvensional. Oleh sebab itu pengguna email semakin banyak karena nilai lebih yang ditawarkan oleh email, akan tetapi para pengguna email sering melakukan kelalaian sehingga menyebabkan bencana pada mereka. Berikut kesalahan yang sering terjadi pada pengguna email:


Subject
Sangat penting bagi pengirim maupun penerima untuk mengetahui subject dari email tersebut. Akan tetapi banyak pengirim yang menulis subject yang tidak terlalu menggambarkan isi email tersebut, bahkan ada yang tidak mencantumkan subject. Padahal ketika anda sebagai pengirim membuat subject yang bisa merinci atau menggambarkan isi email tersebut, anda dapat membantu sipenerima membaca email yang anda kirim. Dan email anda menjadi lebih menarik sipenerima untuk membacanya dibandingkan email tanpa subject. Dan ketika anda meneruskan email yang ada pada inbox, anda disarankan merubah subject-nya menjadi subject baru. Mengirim satu email dengan subject yang lebih dari satu memang sangat membantu untuk mengurangi volume inbox si pengirim akan tetapi mungkin sipengirim akan melewatkan salah satu subject anda.

Reply
Ketika anda membalas atau menjawab email yang anda terima, anda harus memperhatikan isi dari email balasan tersebut. Jangan sampai sipenerima salah menangkap maksud anda sehingga menyebabkan terjadinya salah paham. Berpikir sebelum menjawab adalah tindakan yang sangat tepat serta memikirkan kata-kata yang tepat juga membantu anda menghindari terjadinya salah paham. Jadi berpikirlah anda sebagai penerima sebelum anda mengirim atau membalas email.

0 komentar:

Posting Komentar