Rabu, 21 Oktober 2009

Tips Melindungi OS Anda

OS atau Operating System merupakan bagian yang sangat vital dari komputer anda. Karena itu OS sangat rentan terhadap masalah, baik faktor eksternal maupun internal. Contoh faktor eksternal seperti serangan hacker, virus, worm, trojan dan berbagai program jahat lainnya. Faktor internal seperti, kegagalan listrik dan kesalahan user sendiri. Maka daripada itu banyak cara melindungi komputer anda, antara lain sebagai berikut:

Update Seluruh Software Anda
Dengan meng-update seluruh
software anda baik OS, Aplikasi, maupun Driver itu akan membantu anda dalam mengatasi masalah dengan software. Para pengembang software akan selalu memperbaiki setiap bug yang terdapat didalam software-nya. Anda juga dapat meng-update firmware anda yaitu, program yang terdapat pada hardware.

Lakukan Backup Data Anda
Hal ini merupakan hal yang paling sering dilupakan oleh
user. Padahal dengan anda mempunyai backup data, anda akan terhindar dari masalah ketika anda menghadapi kegagalan sistem yang tak terduga, dan semua data anda hilang, maka anda masih memiliki cadangan dari data anda.

Amankan Password Anda
Password adalah kata kunci yang diminta oleh keamanan sistem untuk dapat memasuki suatu akun tertentu yang anda buat. Didalam OS juga terdapat password agar anda dapat masuk kedalam OS anda dan menggunakannya. Jadi buatlah password yang kuat, agar kuat dapat menggunakan gabungan huruf, angka, dan karakter spesial seperti #@$%&!* dan sebagainya. Dan jangan lupa untuk mengjaga password anda agar tidak diketahui oranglain, dengan cara jangan memberitahukannya kepada siapapun.

Enksripsi Data Anda
Dengan mengenkripsi data anda, itu akan menghindari anda dari pencurian data dengan mudah. Karena setelah data dienkripsi baik per
file, per sistem file, maupun seluruh isi hardisk. Banyak sekali software baik yang berbayar maupun open source, yang dapat digunakan untuk mengenkripsi data anda. Juga hati-hati dengan jalur komunikasi, pastikan anda sudah mengenkripsinya.

Waspada Terhadap Jaringan Komunikasi Anda
Bila anda sering menggunakana fasilitas
hotspot anda juga harus sering memperhatikan kemanan dari hotspot tersebut. Hotspot yang tidak aman adalah hotspot yang tidak meminta keypassword untuk memasukinya, sehingga siapa saja dapat menggunakan hotspot tersebut. Berbeda dengan hotspot yang menggunakan keypassword hanya orang terbatas yang dapat menggunakan fasilitas tersebut. Waspada juga pada saat anda menggunakan Wi-Fi, karena banyak hacker/cracker yang mengintai anda. Gunakan firewall akan sangat membantu untuk memantau sistem anda.

Sebenarnya masih sangat banyak cara-cara untuk melindungi OS anda. Tapi semua cara tersebut tidak akan berguna ketika anda ceroboh atau tidak peduli dengan sistem keamanan OS anda. Jadi mulai sekarangan perhatikan dan jangan anggap remeh hal-hal yang mungkin kelihatannya sederhana.





0 komentar:

Posting Komentar